Kerja sama penelitian dengan luar negeri

Pada tanggal 14 Desember 2022, Dr. Yeffry Handoko Putra, M.T mempresentasikan secara online penelitian bersama antara MSI UNIKOM bersama dengan UiTM (Universiti Teknologi Mara) di acara AWIST 2022. Penelitian dengan judul ” Determination of the Prevention Covid-19 (PCP) Level in The Adjoined Covid-19 Monitoring Area”

AWIST (ASEAN Workshop on Information Science and Technology) merupakan acara workshop yang diadakan setiap tahun untuk membahas topik – topik penelitian mutakhir dalam menemukan terobosan untuk membantu memecahkan beragam masalah yang terjadi saat ini dan masa depan berdasarkan tema tertentu.  Tahun 2022 ini AWIST diselenggarakan  mulai tanggal 14-15 Desember 2022 di Japan Advanced Institute of Science and Technology (JAIST). Pelopor dan Panitia inti untuk workshop ini adalah Prof. Hiroyuki Iida dari Japan advanced Institute of Science and Technology (JAIST), serta peneliti dari University Kebangsaan Malaysia (UKM), Universiti Teknologi MARA (UiTM). UNIKOM Sendiri telah bergabung dalam komunitas AWIST pada tahun 2018 dan menjadi tuan rumah pada tahun 2019 lalu. Tahun ini peserta AWIST 2022 berasal juga berasal dari Canada, Brazil, China, Malaysia, Nigeria, Saudi Arabia, South Korea, United Kingdom, United States dan Bangladesh. Disamping UNIKOM, terdapat juga pembicara Indonesia dari Universitas Sriwijaya.

Penelitian dengan antar UNIKOM dan UiTM telah diawali sejak awal tahun 2022, yang idenya adalah membahas kondisi New Era setelah Covid atau Post Covid-19. Penelitian ini menyatakan perlunya tingkatan pencegahan yang perlu dilakukan oleh pemerintah di area yang berdekatan agar tidak terjadi penularan Covid-19. Tingkatan pencegahan ini didasari oleh gejala-gejala yang secara apriori secara survey dinyatakan sebagai gejala yang bisa mewakili kecurigaan penyebab terjadinya Covid-19. Karena menurut Dr. Yeffry, saat in belum ada lembaga pemerintah yang menyatakan dengan pasti apa saja gejal-gejal Covid-19 yang bahkan bisa mirip dengan gejala flu berat. Oleh karenya dilakukan survey pendapat untuk menentukan gejala-gejala dominan dan prioritasnya terhadap penularan Covid-19.

Tahapan pertama penelitian ini juga dipresentasikan di seminar Internasional ICIC-APTIKOM di Bali pada tanggal 8 Desember 2022 dengan judul “New Approach of Covid-19 Prevention by Implemented Combination of Decision Support System Algorithm”. ICIC (International Conference on Informatic and Computing) ke-7 merupakan seminar internasional bergensi yang diselenggarakan oleh APTIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer) yang bekerja sama dengan IEEE Indonesia Section setiap tahun.