Webinar Transformasi Digital Perbankan

Irisan antara ilmu Teknologi Informasi dengan Perbankan menjadi ide yang menarik untuk dibahas. MSI UNIKOM mencoba untuk memandang Transformasi Digital Perbankan dari beberapa sisi yaitu dari sisi Decentralisasi Financial menggunakan Teknologi Blockchain dan risiko pemanfaatan API sebagai Banking as a Services.

Webinar Transformasi Digital Perbankan yang diselenggarakan secara online pada 16 Desember 2022 ini merupakan kajian literasi yang bekerja sama dengan Bank Fama International. Bapak Hermawan Tjakradiwiria (Chief Product Officer, Bank Fama International) yang sudah lama bergelut dengan konsep Digital Bank menambahkan bahwa transformasi digital dalam perbankan merupakan sesuatu keniscayaan yang harus segera disikapi oleh Bank-bank di Indonesia agar tidak tertinggal oleh disrupsi yang melanda dunia perbankan.

Pada webinar ini Bapak Irawan Afrianto, M.Kom, dosen UNIKOM yang juga adalah kandidat Doktor di IPB mengangkat topik mengenai ide blockchain yang bisa menjadi peluang ataupun saingan bagi dunia perbankan. Verifikator desentralisasi yang ditawarkan oleh teknologi Blockchain bisa menjadi salah satu peluang bagi digital perbankan, meskipun Industri Fintech sudah lebih dahulu melihat peluang tersebut.

Sedangkan Dr. Yeffry Handoko Putra, M.T sebagai pembicara kedua mengangkat topik mengenai risiko pemanfaatan Open API Perbankan yang perlu diambil oleh Bank dalam rangka transformasi digital perbankan. Riset mengenai Open API sudah dilakukan oleh Bank di Indonesia maupun industri Fintech. Keduanya membantu kebijakan pemerintah Indonesia dalam menerapkan kebijakan keuangan secara inklusif, demikian menurut Dr. Yeffry. API sebagai middleware yang membantu pembuatan aplikasi secara mikro akan memudahkan Fintech untuk memanfaatkan fitur perbankan yang dibuat oleh Bank dengan lebih mudah dan aman. Bahkan banyak Fintech yang menjadi pihak ketiga membantu memudahkan masyarakat untuk memilih aktivitas perbankan semuanya melalui telepon genggam.

Webinar serupa mengenai decentral financial juga pernah diselenggarakan pada tanggal 27 Oktober 2022, dengan judul Webinar Integrasi Data dengan Blockchain yang membahas mengenai blockchain, cripto currency dan pemanfaatan NFT dalam penjualan karya seni dengan pembicara yang sama.