Kegiatan Review RPS yang mengundang dosen MSI UNIKOM

Pada hari Selasa (29/11/2022), Dr. Yeffry Handoko Putra, M.T (Kaprodi MSI) bersama dengan Bapak Irawan Afrianto, M.T dan Bapak Aria Rajasa Pohan diundang oleh Program Studi Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan untuk menjadi reviewer Rencana Program Studi Pengjaran dan Praktikum di Kampus IPDN Jatinagor. 

 

Sekretaris Prodi TRIP Bapak Agung Nurrohman S.STP, MPA menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan oleh Fakultas Manajemen Pemerintahan IPDN secara serempak. Terdapat 4 prodi di Fakultas Manajemen Pemerintahan yang melakukan review RPS. Kegiatan Review RPS pengajaran dan praktikum ini dilaksanakan di Ruang Jembrana, Kampus IPDN Jatinangor secara hybrid. Pesertanya adalah dosen  Prodi TRIP yang telah menyusun RPS pengajran dan praktikum. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid karena beberapa dosen bertempat tinggal di Jakarta.

Acara ini berlangsung dari jam 9 setelah Upacara Hari Korpri, hingga pukul 5 sore. Pertanyaan menarik yang ditanyakan oleh salah satu dosen  Bapak Dedi Untoro adalah siapakah yang seharusnya menyusun RPS, lalu bagaimana cara penyusunan RPS apakah harus berbeda-beda di dalam satu prodi atau disusun oleh tim untuk RPS yang sama. Dr. Yeffry Handoko Putra, M.T sebagai Reviewer di awal acara menjelaskan pentinya melakukan pemetaan antara CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan) Prodi dengan CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah) serta memanfaatkan taxonomy Bloom untuk menentukan kata kerja dari setiap Sub-CPMK dan Indikator Penilaian. Selain itu indikator penilaian harus selalu memperhatikan Learning Outcome dari setiap CPMK. Saat itu selain mereview RPS, Bapak Irawan Afrianto sebagai salah satu reviewer dan juga Kandidat Doktor IPB menjelaskan bagaimana pentingya menyusun RPS yang seragam dan pemahaman penggunaan tool dalam praktikum informatika. Sedangkan Bapak Aria Rajasa Pohan, M.T yang juga kandidat Doktor ITB menjelaskan beberapa ketentuan RPS menurut peraturan kementrian yang berlaku.