Penjajakan Kerja Praktek Online dengan Perusahaan di Eropa

Sehubungan dengan program Kampus Merdeka yang memberikan kebebasan bagi para
mahasiswa S1 untuk melakukan magang selama 3 semester, maka PT Inovasi Telematika
Nusantara bekerja sama dengan Royal European Internship Council (REIC), London membuka
kesempatan kepada para mahasiswa UNIKOM dari berbagai program studi untuk
mengikuti kegiatan magang global (Global internship) di Eropa secara online.
Dalam rangka sosialisasi program tahap awal (8/5/2021), dilakukan sosialisasi secara online antara pihak UNIKOM dengan perwakilan dari Royal European Internship Council London dan PT Inovasi Telematika Nusantara. Hadir dari pihak UNIKOM, Dr. Nina Kurnia Hikmawati, S.E, M.M (Direktur Kolaborasi Lembaga UNIKOM), Dr. Yeffry Handoko Putra, M.T( Kaprodi MSI) yang pernah terlibat dengan program internship di Inggris, serta beberapa kaprodi S1 dari UNIKOM. Sedangkan dari Royal European Internship Council London adalah Dr. G. Saravanan, dan Gunawan Zuardi, M.Sc. (Direktur PT. Inovasi Telematika Nusantara).

Menurut Dr. Yeffry Handoko Putra, “Kesempatan untuk magang secara online di perusahaan internasional merupakan solusi yang baik di masa pandemi Covid-19 saat ini. Dimana beberapa perusahaan dan industri di Indonesia masih belum membuka kerja praktek selama pandemi”. “Selama pemagangan, mahasiswa akan mengerjakan tugas dari perusahaan yang berganti setiap minggunya bersama dengan mahasiswa lain, mereka didampingi oleh mentor dari REIC”, menurut Ricky Martin, mahasiswa BINUS yang pada kesempatan ini memberikan testimoninya mengikuti program ini. Ia mengambil magang bidang Cyber Security sedangkan rekannya sekaligus team leader, Ivanka, mengambil bidang Project Management. Pemagangan dilakukan mempergunakan bahasa Inggris secara aktif.

Pada kesempatan berikutnya sosialisasi kerja praktek (magang) online ini akan mengundang mahasiswa S1 dan orang tua melalui video conference.